• Balkesmas Ambarawa  |  Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah

Pelayanan Masyarakat

  • Home
  • Pelayanan Masyarakat
Image
Pelayanan Masyarakat

Upaya Kesehatan Masyarakat

 Pelayanan Kesehatan Masyarakat adalah pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan di dalam maupun di luar gedung yang bertujuan mendukung program pemerintah dalampenanggulangan penyakit prioritas yang ada di wilayah kerja

Image

 Jenis - jenis Kegiatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat meliputi :

1. Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat

  • a. Penyuluhan Dalam Gedung
  • Tempat di ruang tunggu pasien

  • Sasaran semua pengunjung Balkesmas

  • Materi : profil Balkesmas, penyakit parudan pernafasan, Penyakit Tidak Menular, Penyakit Menular, GERMAS, gizi, pelayanan radiologi, laboratorium, kamar obat, tindakan medik, dan klinik rehabilitasi medik, dll

  • b. Penyuluhan Luar Gedung
  • Sasaran: masyarakat pada kelompok potensial, organisasi sosial, Kader Kesehatan, lintas sektor

  • Tempat : Wilayah Kerja

  • Materi : Profil Balkesmas, GERMAS, Masalah kesehatan di wilayah kerja

  • c. Promosi melalui media elektronik
  • Promosi melalui media koran baik melalui koran cetakmaupun online website

  • d. Pembuatan Media Promosi
  • Berupa media cetak : leaflet, buku saku, buku profil, banner, spanduk dll

  • e. Klub Senam Paru Sehat
  • Sasaran: anggota klub senam dan masyarakat sekitar BALKESMAS Wilayah Ambarawa

  • Tempat : Halaman BALKESMAS Wilayah Ambarawa

  • Setiap hari Jum'at pukul 07.00 - 08.00 WIB

  • f. Pertemuan PMO
  • Sasaran : Keluarga pasien TB atau PMO, Pendamping PMO dan pengelola program TB puskesmas

  • Tempat : Balkesmas Wilayah Ambarawa

  • Pelaksanaan : pendataan,pertemuan dengan pemberian materi profil Balkesmas, TB dan pencegahannya, peran PMO, cara berdahak yang benar, dll

  • g. Pemberdayaan Kader Kesehatan
  • Sasaran : Kader kesehatan (Masyarakat umum, pamong/perangkat desa)

  • Tempat : Balkesmas Wilayah Ambarawa

  • Pelaksanaan : Workshop kader kesehatan, Pendataan Survey Mawas Diri dan pembekalan kader Kesehatan

  • h. Fasilitas Teknis
  • Sasaran : Petugas Puskesmas di wilayah kerja

  • Tempat : Puskesmas di wilayah kerja

  • Pelaksanaan : Wawancara dengan pemegang program dan konfirmasi data

  • i. Medical Check UP (MCU)
  • Sasaran : Masyarakat umum, karyawan perusahaan

  • Tempat : Balkesmas Wilayah Ambarawa

  • Pelaksanaan : Koordinasi dengan koordinator MCU, pendaftaran, pemeriksaan, rekap hasil, penyampaian hasil MCU

  • j. Penanganan KLB dan Bencana di Wilayah Kerja
  • Balkesmas Wilayah Ambarawa turut membantu kabupaten/kota wilayah kerja yang mengalami kejadian luar biasa ataupun bencana. Melalui koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota terdampak, Balkesmas Wilayah Ambarawa ikut serta dalam melakukan kegiatan surveilans serta penanganan KLB dan bencana.

Image
  • k. Pembinaan SBH di Wilayah Kerja
  • Saka Bakti Husada (SBH) adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman, serta pemberian kesempatan bagi anggota pramuka untuk membaktikan diri kepada masyarakat. Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan pramuka dan masyarakat di lingkungannya. Balkesmas Wilayah Ambarawa turut berpartisipasi dalam membina SBH di wilayah kerja dengan menjadi narasumber dalam pembinaan Lingkungan Sehat, Keluarga Sehat, Penanggulangan Penyakit, Gizi, Obat, serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.